Iklan

BELAJAR MOTHERBOARD ( STRUKTUR DASAR )

Note : tulisan di bawah ini semoga mewakili pertanyaan teman - teman semua terutama seperti : kang saya ingin tau tegangan alur tegangan dari  jack adaptor di motherboard laptop jalannya ke mana saja....???

"like". pertanyaan yang sangat bagus....
mmkzzzzz.... oke, sedikit akan kita jelaskan dengan menggunakan perumpamaan semoga akan mudah untuk di mengerti terutama teman - teman yang baru memulai dalam bidang jasa service laptop.

Gambar 1

gambar 1. menjelaskan gambaran besar struktur arsitektur motherboard ( peta )
yah anggap saja schematic adalah peta motherboard laptop karna menang begitu faktanya :).
sewaktu kita masih duduk di bangku sekolah SD tentunya kita tidak serta merata dapat membaca sebuah peta. Betul.? ada syarat - syarat yang harus wajib di penuhi agar kita bisa membaca sebuah peta, begitu juga di schematic laptop. pada peta/schematic laptop syarat - syarat yang harus kita penuhi antara lain adalah :

1. belajar electronika dasar
2. menghapal bentuk, simbol fungsi komponen electronika 

Dua syarat di atas sudah 75% mewakili kita agar bisa membaca peta / schematic laptop. tentunya pada peta ada nama pulau, profinsi, kota, desa. betul.?, begitu juga dalam schematic laptop kita harus tau nama - nama kota tersebut karna masing - masing kota berbeda - beda baik dari jalan dan sistem pemerintahan.
anggap saja kota tersebut adalah sistem rangkaian dan di setiap sistem rangkaian pasti ada komponen. dan yang namanya sistem rangkaian electronika / komponen pasti memiliki cara kerja yang berbeda - beda, memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda - beda titiknya.

sampai di sini apakah sudah ada gambaran dan bisa di mengerti.?
saya berharap semoga belum di mengerti, agar tulisan ini bisa kita lanjutkan.


mmkzzzz. ok 
dengan cara apalagi saya menjelaskan dan menyederhanakan materi ini. tapi semoga ( masuk )

INTI :
kita membuka peta itu untuk apa.? cari jalan pintas.? cari kota.?
perlu di ketahui di schematic hanya terdapat simbol dan kode komponen serta bentuk rangkaian global dengan arah garis - garis pertikal dan horizontal. memang di schematic juga terdapat "referensi" sehingga akan mempermudah kita dalam melakukan proses exsekusi tapi di schematic tidak ada penjelasan cara kerja sistem rangkaian dan masing - masing fungsinya. maka dari itu kita membutuhkan satu lagi yang namanya datasheet. di schematic juga tidak menjelaskan kalau kerusakan mati total yang harus di cek yang mana dulu. maka dari itu kita membutuhkan "flowchart" / panduan proses.

DAN satu lagi jawaban dari pertanyaan di atas : kang saya ingin tau tegangan alur tegangan dari  jack adaptor di motherboard laptop jalannya ke mana saja....???

jawaban nya adalah gambar di bawah ini :


Struktur jalan motherboard dari mulai jack adaptor bukan seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir. yang sehingga apabila ada sumbatan di tengah - tengah hulu air tidak mengalir ke hilir. pikiran kita tentang gambaran tersebut ada baiknya sedikit di hilangkan saja dulu sementara selama materi ini terus berlanjut karna nanti simulasi dari hulu ke hilir juga di pakai di dalam sistem rangkaian,


Lihat gambar berikutnya di bawah ini :


Ini adalah gambaran yang benar :
contoh jack power adaptor di motherboard laptop adalah pintu masuk sebuah mall maka setelah kita memasuki mall mata kita akan terbuka dengan pemandangan kios - kios di dalamnya kita bebas berjalan kemana saja kita suka. dan kios - kios didalamnya adalah sistem rangkaian ( pada dasarnya motherboard laptop terdiri dari beberapa rangkaian yang di satukan dalam papan induk / motherboard. yang apabila kita pisah - pisah motherboard laptop bisa menjadi beberapa bagian seperti LVDS SISTEM - 3V & 5V ALWAYS SISTEM. VCC CORE SISTEM.CARGING. COOPLING. OSILATOR. KOMPARATOR.& ETC yang berbeda - beda fungsi.

jadi kesimpulan terakhir tegangan 19v adalah input dari sistem - sistem tersebut yang tidak memiliki ujung dari sungai ke hilir. dia akan berubah wujud nama dan bentuk tergantung sistem penggerak sistem perintah dan yang lainnya. & 19v adalah nama rangkain yang di dalam schematic di sebut dengan istilah ( DC IN.............. Bersambung.


semoga belum mengerti lagi ya hehe...
ingatkan saya tentang tulisan ini nanti kita lanjut lagi. insyaallah.




0 Response to "BELAJAR MOTHERBOARD ( STRUKTUR DASAR )"