Iklan

MODAL USAHA

  

Sedikit berbagi motifasi bagi akang - akang yang ingin membuka usaha / buka toko.
jadi bos atau kariawan sebenarnya sama saja yang membedakan hanyalah status & gengsi.

MENJADI KARIAWAN

ada dua keuntungan menjadi kariawan, pertama dia memiliki penghasilan tetap setiap bulannya dan mungkin yang kedua jika dia rajin di luar waktu jam kerja dia bisa memilah waktu kekosongan untuk menambah pundi - pundi penghasilan, ia toh,?. sedangkan dari kerugiannya minim sih, jadi gak perlu juga ane tulis kayanya hanya mungkin menjadi kariawan akan sedikit lambat dalam melakukan proses Quantum. tapi dengan ijin allah banyak juga kariawan yang sukses bahkan penghasilannya melebihi BOS.

MENJADI BOS

sedangkan faktanya menjadi BOS banyak banget keuntungan dan banyak juga kerugian.
pertama dari kerugian dulu :

1. omset menurun
menurunnya omset akan berakibat pada semua faktor di dalam ruang lingkup sebuah usaha terutama beban untuk pengeluaran wajib setiap bulan seperti ( gajih kariawan, sektor konsumtif tak terduga seperti penggantian alat, dll. yang tidak bisa saya jelaskan panjang lebar di sini ) 1 hal yang sangat elegan adalah penurunan omset akan berakibat pada kondisi emosional BOS yang mulai galau. yaahh bos pusing kalau omset menurun, terkadang sesekali dia marah - marah gak jelas, makan gak teratur, jarang mandi dan ganti baju. kuku panjang - panjang. mulai batuk - batuk dan panas dingin hal ini terjadi apabila penghasilan lebih kecil dari pegeluaran. dan terjadi pula pada BOS - BOS yang kurang bersykur, omset menurun ko bersyukur, yahh ente harus bersyukur BOS omset menurun adalah hal yang wajar dalam siklus usaha yang terkadang seperti ombak. masih untung kan usaha ente belum bangkrut.? hanya dengan rasa syukur dan ihlas yang akan membuat hati menjadi tenang. dan yang perlu ente lakukan ketika omset menurun adalah diam di tempat, introfeksi diri & instal ulang. jangan langsung upgrade dengan penambahan modal dll itu hanya akan membuat usaha tambah oleng. ente jangan ngomong dulu " maju terus pantang mundur " ehhh jangan blagu ente belum pernah terjebak hutang ratusan & milyaran juta sih. mkkzzzz jadi emosi ane hehe... intinya di titik ini ente hanya perlu "allah".

2. gaya keBOSan
baru jadi bos sudah mulai pandai menyuruh orang, ngatur orang, bangun siang, gaya kemewahan, Solat mulai ketinggalan dan laen - laen dah. ini mungkin hal yang wajar juga bukan kurang ajar. hanya SI BOS perlu sedikit belajar  bahwa seiring berjalannya waktu segalanya bisa berubah bahkan sekejap mata semuanya hilang, pernah lihat kejadian kebakaran.? kemalingan, ?. bahkan kelak bisa jadi ente jadi pesuruh orang yang pernah  ente suruh, so... selagi bisa lakukan sendiri lakukanlah pekerjaan itu sendiri lalu buat tim untuk bergerak dengan tugasnya masing - masing. di posisi ini banyak orang yang sesungguhnya sedang menghancurkan dirinya sendiri dia lupa posisi dia yang kini sedang berada di atas sangat rentan sekali untuk jatuh bahkan sangat mudah. sekuat apapun mesin dan sistemnya / managementnya mobil akan menabrak atau oleng jika sopor mulai mengantuk. di titik ini ente harus banyak - banyak bersyukur, beribadah & bersedekah karna 3 kunci ini adalah serial number upgrade perusahan anda. selebihnya ...???

3. yang ke 3 ane lewat dulu dah karna ane mulai emosi dengan diri ane sendiri yang memang "pernah" ???

keuntungan menjadi bos
yah menjadi bos banyak banget keuntungannya. ente akan memutar otak ente lebih cepat. membuat otot lebih tegang. dengan sensasi sensasi imajinasi kesuksesan. simple nya seorang kariawan akan mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan walaupun dia berhasil menyelesaikan target pekerjaaanya, sedangkan seorang bos dia akan mendapatkan hasil lebih dah pokonya tergantung usaha dia sih mau dibawa kemana dan bagaimana. apalagi jika omset tiba - tiba naik 100x lipat.??? 

sebuah fakta mencengangkan dari hasil surfai solihinsintink mendatangi pengusaha - pengusaha besar dengan omset perbulan ratusan juga. ternyata ehh ternyata mereka itu jarang mandi. panuan, jarang tidur, makan gak teratur, duit banyak tapi penyakitan, suka kesurupan, berhutang, jiwanya gundah gulana & fikirannya hanya di penuhi urusan untung dan rugi, lalu hidupmu nak untuk apa.? bukannya usaha yang baik itu berkah dan keberkahan itu di lihat dari sejauh mana bisnis itu memberikan manfaat untuk orang banyak. sebuah usaha yang enak di bawa tidur, di bawa makan, di bawa santai, hati - hati jika dunia sudah membutakan mata hati kita jangan heran jika sesekali anda merindukan dan berkata aku hanya ingin tenang.

dan 100% dari pengusaha pengusaha yang kutuan dan ketombean itu adalah pengusaha - pengusaha yang jauh dari tuhan dari allah.

SEKARANG KE TULISAN INTI TENTANG MODAL USAHA.

banyak orang beranggapan bahwa ketika mau mendirikan sebuah usaha beberapa syarat yang harus di penuhi agar usaha itu bisa sukses dan berjalan adalah :

1. Uang
2. tempat yang strategis
3. usaha instan.

usaha instan.? iyah. ketika baru membuka usaha dalam benak kita pastinya ingin usaha itu langsung ramai.namun faktanya banyakkkk banget yang beberapa bulan kemudian menjadi bangkrut
soo tidak seperti itu..??? semuanya butuh proses, perlu pondasi dll.

dan dari ke tida poin tersebit semuanya salah.loh ko.?
bagi saya sendiri modal usaha adalah mimpi. keiinginan yang kuat.keyakinan. doa & bergerak.
bangun usaha dengan solat dan sedekah.

sedikit cerita tentang BABA group bandung. perusahaan kecil yang di mulai dari imajinasi sebelum tidur saat ane menjadi kariawan toko pada awal tahun 2011. 1 bulan lamanya ane mimimpikan punya toko. berkeinginan banget punya toko. dan berkeyakinan banget bahwasanya akhir bulan nanti ane bakal buka toko. dalam posisi uang tidak punya, tempat usaha belum nyari. dan pleaning usaha apa nanti yang bakal di jalanin blm jelas ntah service. penjualan atau yang laennya.lalu ane bawa mimpi itu kepada allah kepada sajadah solat malam dan duha hampir 1 bulan lamanya walau terkadang sering bolos & bolong - bolong.  

1 bulan kemudian ane pergi ke bandung dengan niat buka toko di bandung. alhamdulilah ane membawa modal buat buka toko hanya cukup ongkos pergi saja 50rb dan itupun dapat pinjam dari kawan karna gajihan ane sudah ludes buat bayar hutang. setelah duduk di mobil keyakinan ane semakin menggebu - gebu sesampainya di bandung ane sudah merencanakan surpai ke mall - mall memilih kios mana yang akan ane sewa & ane tidak memikirkan tempat mana untuk beli estalase dan perlengkapan toko kana ane tau ane terlalu gila dengan uang yang hanya pas buat ongkos pergi saja.ane juga gak memikirkan gimana caranya nanti pulang karna itu hanya akan menurunkan semangat pokonya pikiran ane harus di penuhi dengan sensasi sensasi gila yang wajar - wajar saja pada saat itu takut nanti gila beneran. 
1/2 perjalanan ane dapat tlp dari kawan lama. dalam percakapan dia menanyakan posisi ane di mana.?
lalu ane jawab lagi di jalan mau ke bandung...
mau apa dia tanya.?
mau boka toko. " ane jawab singkat"
teman ane jawab lagi, ada tempat kosong kalau mau silahkan langsung pakai dari pada di tutup sayang" kata dia
dalam hati... " kebetulan nihh. ya sudah nanti aku mampir " jawab ane tanpa bertanya biaya sewa nya.
sesampai di tempat. kawan ane bilang, ada tempat kosong di mall xxx. perbulannya sekian juta saja kalau mau silahkan langsung tempati kata dia.
tanpa basa basi langsung ane jawab, ok tapi ane cek dulu lokasinya kalau cocok langsung ane ambil & kalau bisa pembayaran sewanya 2 minggu setelah toko buka takut kekurangan biaya dekorasi dll tambah modal ane pas - pasan.
ya sudah nih koncinya nanti kabarin saja kalau jadi kata dia.
sekejap ane kaget donk dan tanpa pikir panjang ane langsung ke lokasi, di perjalanan ane mulai sedikit DON dengan kondisi keuangan yang hanya tersisa 3rb rupiah juga bagaimana untuk isi toko nanti......
allah memang ada kawan, allah memang ada. allah itu memang dekat bahkan sangat dekat. begitu ane buka estalase disana sudah terdapat estalase lengkap dengan kursu - kursi. tak lama kemudian teman ane tlp gmn sudah di lokasi belum.? sudah jawab ane. terus dia ngomong lagi itu ada estalase dan barang - barang bekas toko aku sebelunya kau pakai saja dan apabila ada part nanti di data saja aku titip jual saja dah.
behhh serentak ane kaget karna memang semua seperti sudah di fasilitasi dai mulai estalase. meja admin, faktur nota pembukuan, pokonya semuanya lengkap apa yang ane butuhkan semuanya tiba - tiba ada. 3 jam lamanya ane beres bere toko sendirian dan tak lama kemudian ada orang datang mau service di situ ane kaget lagi sambil bingung kalau di terima nyervicenya pakai apa.? tanpa pikir panjang langsung saja ane terima dan si orang itu bilang kalau bisa cepat bang habis asar ane kesini lagi. 

setelah orang itu pergi ane kebingungan dan sekali lagi allah itu memang maha besar. alat alat service di bawah meja semuanya tersedia dan kerusakan barang yang orang tadi servicepun ternyata tidak begitu sulit hanya 5 menit ane selesaikan. lalu tak lama kemudian orang itu datang niat ambil barang & KES kontan di tempat. alhamdulilah ane bisa makan. ngopi. dan yang paling penting ada ongkos buat pulang berikut ijin risen kerja. 

"jika kamu sudah kenal siapa tuhanmu lalu ia datang dalam kehidupan maka yang pada saat itu yang bisa kau lakukan hanyalah takbir" allahuakbar. allahhuakbar. allahuakbar.

"seorang guru tidak akan bisa meneteskan ilmu jika ia belum merasakan madu dari ilmunya sendiri"

sebuah perjalanan spiritual dimana ilmu itu sampai sekarang ane pakai baik tiap mau mendirikan usaha atau apapun. 

 MODAL USAHA YANG TERPENTING ADALAH MIMPI, KEINGINAN, HARAPAN & DOA.
masalah modal. tempat dll biar yang punya jagat yang mengaturnya. 



" solihin sintink "
mohon maaf memang banyak kesalahan bahasa dan keburukan dalam bertutur kata


 

0 Response to "MODAL USAHA "