Iklan

CARA MENJADI PENGUSAHA & CARA MEMBUKA USAHA KOMPUTER

tulisan di bawah ini termasuk kedalam : cara membuka usaha baru. peluang bisnis 2016. peluang bisnis 2017. cara mendirikan usaha komputer. usaha mandiri. konsultasi bisnis. cara mendirikan usaha. management usaha. management perusahaan. dan kita akan bahas lebih spesifik tentang bisnis usaha komputer Saya tidak suka berbasa basi anak muda. Oke langsung saja…

                     Sumber sektor pemasukan dari sebuah usaha computer antara lain :

1. Jasa ( service hardware dan software )

service laptop / computer desktop. service printer. service proyektor. upgrade. & etc
modal utama di bisnis jasa adalah pelayanan dengan istilah jalanan kualitas dulu masalah kuantiti menyusul. hampir tidak ada modal berjalan di jasa service kecuali modal awal yang memang harus di persiapkan seperti ( ilmu refarasi. ilmu management service, konfirmasi & marketing, pembelian alat service dan perawatan alat service. jadi istilahnya teknisi bukan hanya bisa nyervice tok / nyervice saja ). perlu pondasi management awal untuk jasa service karna salah - salah pembengkakan modal yang tidak termanage dengan baik akan membengkak. serta proses yang tidak di dukung dengan management pembukuan dengan baik status barang

apakah untuk menjalankan bisnis ini perlu adanya tempat / kios / toko ( tempat didalam usaha seperti identitas sebuah usaha ) akan tetapi tanpa tempat pun kita bisa menjalankan bisnis ini dengan baik contohnya di rumah di kos - kosan / kontrakan  dengan sistem service panggilan. anda yang bukan teknisi sekalipun bisa menjalankan bisnis ini dengan cara kerjasama dengan teknisi yang bisa di ajak untuk bekerja sama. lalu berapa modal awal dan penghasilan dari bisnis jasa service ini.?. silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

2. Bisnis sparepart ( jual - beli sparepart )

sparepart laptop ( baterai, adaptor, lcd, keyboard, & etc ). computer desktop ( casing, power suplay, ram,dvd & etc. printer ( catridge, alat infuse, tinta & etc ). proyektor ( dmd chif, lampu, power supply & etc ). jaringan ( cable lan, modem, router & etc ) . cctv camera, server & etc.

modal utama di bisnis ini adalah jaringan / relasi baik itu distributor - seler - reseler & etc. quantiti juga menentukan besar dan kecilnya modal, serta pengetahuan akan kebutuhan pasar sangat di perlukan untuk memilah dan memilih barang apa saja yan akan di perjual - belikan. anda yang sekarang masih bekerja di perusahaan bisnis ini bisa juga menjadi bisnis sampingan mengingat teknologi di masa sekarang sudah seperti menjadi bagian kebutuhan primer tentunya ini akan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan di tahun 2017 mendatang. selain itu pemasaran online pun bisa anda manfaatkan seperti tokopedia / buka lapak


3. Bisnis aksesories computer

Mouse, keyboard, anti gores , usb sound portable, plesdisk, card reader,& etc
sector pemasukan dari aksesories juga sering di gunakan untuk bonus – bonus lain dalam penjualan.
walaupun katanya dari sektor usaha ini jika di kaitkan dengan laba termasuk laba tipis tapi jangan salah nanti kita intip berapa laba pemasukan dari bisnis ini dalam 1 bulan

4. Bisnis jual – beli bekas

Di sector ini termasuk ke dalam bisnis buta pasar ( harga beli dan harga jual masih gelap ) alias tidak ada harga standar. yang mematok harga adalah dari pedangan itu sendiri. akan tetapi pengetahuan harga pasar sangat di perlukan baik dari relasi atau jaringan agar tidak saling menjatuhkan. ( saling berperang harga akan mempercepat kebangkrutan ). barang bekas bisa di dapatkan lansung baik dari indipidu, borongan / pelelangan.

5. Bisnis jual beli new

Jual - beli barang gres / baru bisa menjadi salah satu sector pemasukan andalan bagi pedagang bersekala kecil / besar. baik penjualan dengan sistem customer, pengadaan barang & etc. anda bisa bekerja sama dengan distributor - distributor dan marketing lainnya.

6. Sektor tambahan

Di sektor tambahan ini saya tidak akan jelaskan singkat maupun detile karna 6 sector di atas pun sudah cukup menghantarkan anda pada kesuksesan jika memang di tekuni dan di jalani dengan baik

mengintip gambaran contoh pemasukan / laba dari 5 sektor yang sudah di tuliskan di atas :

contoh laporan harian sederhana laba bersih pemasukan :
1.  pemasukan service Rp. 500.000. ket : service laptop
2. pemasukan penjualan aksesories Rp. 20.000 ket : 1 item mouse
3. pemasukan penjualan unit komputer 50.000 + aksesories 100.000
 total : 500.000 + 20.000 + 50.000 + 100.000 = 670.000 

contoh pemasukan harian dari 3 sektor saja dalam 1 hari sebuah toko komputer 670.000. dan di poin ke 3 laba bersih unit baru hanya Rp. 50.000 tapi hasil dari aksesories yang di sertakan Rp. 100.000. ( saya teringat dengan saudagar abdurahman bin auf yang menjual unta harga beli dan harga jualnya sama akan tetapi beliau mengambil keuntungan lain dari penjualan aksesories unta seperti spatu dll ). yang kita hitung di atas hanya quantiti satuan lalu bagaimana jika dalam 1 hari ada transaksi lebih dari 5x pada masin - masing sektor.? contoh kecil jika laba bersih dalam 1 hari 1 juta x 30 hari = Rp. 30.000.000.

contoh lain :


pemasukan aksesories yang selalu di anggap laba tipis. contoh:  Dari setiap item biasanya pedagang akan mendapatkan laba Rp. 5000 – 20.000 per item. Dalam 1 pc barang Bukan dalam jumlah hitungan quantity ketika pedagang tersebut belanja, jadi bisa kita bayangkan jika dalam 1 hari terjadi 10 kali transaksi  sampai 100x transaksi apabila ada pembelian dalam jumlah banyak contohnya seperti pengadaan & etc. tinggal di hitung saja ya.


NOTE : semua tulisan yang berwarna merah hanya contoh saja.bersambung



Anda bebas bergerak hanya dalam 1 sektor atau semua sektor di jalankan sekaligus dalam 1 usaha toko computer karna memang ada pula yang demikian. atau bergerak dengan 1 sektor tergantung kepada sector mana yang dominan anda sukai dan yakini. ke 5 sektor di atas hanya sebagai gambaraan saja untuk anda yang sekarang masih bergerak di satu sektor bahwasanya ada banyak sektor pemasukan lain yan bisa anda jalankan tentunya dengan sistem dan management yang baik.. Tapi jika semua sektor kita jalankan tentunya memerlukan modal yang tidak seditik ( saya sama sekali tidak setuju ).karna di sistem jual - beli ada namanya sitem konsinasi dan pembelian kuantiti & lain - lain.

modal tidak selalu uang.  jika modal selalu di kaitkan dengan uang maka selamanya anda tidak akan berbisnis dan berjalan. andaipun modal tersebut sudah di miliki keluhan lain akan selalu ada seperti modalnya kurang dan lain sebagianya. anda punya niat sukses dan punya niat berani gagal pun sebenernya sudah menjadi modal paling penting karna penulis sendiri pernah merasakan jatuh bangunnya mendirikan usaha bangkrut berkali - kali termasuk tulisan ini di buat untuk meminimalisir terjadinya resiko dalam jangka pendek dan panjang karna memang dalam prosesnya tidak semudah ucapan & pemikiran.

berbisnis komputer tanpa modal : 

A. anggaran dasar dan prosfek jangka pendek 
1. tempat 
kita bisa mencari invertor dari relasi baik saudara atau teman yang memiliki tempat kosong dimana kita  bisa mengajukan sistem kerja sama / bagi hasil &  sebagainya, baik dengan perjanjian secara lisan atau tulisan ( hitam di atas putih ).

2. dekorasi 

bangku ( customer, admin, teknisi )
banner ( atas, samping, belakang )
alat – alat listrik ( sakler, colokan  3 kaki, cable ac 50 meter, solasi)
alat bersih – bersih ( lap, kanebo, sapu, pel )
rak (aksesories  rak sparepart / rak stok )
estalase ( estalase depan, samping, belakang )
kendaraan ( bengsin - supir - ongkos kirim )
selain adanya tempat dekorasi pun menunjang kepercayaan customer. tata letak. estalas. cat. paku. rak. meja. alat kebersihan. p3k. banner. neon box. alat - alat listrik, bangku & etc. perencanaan dan anggaran belanja yang tepat akan meminimalisir pembengkakan dana di sektor ini. karna sektor ini adalah termasuk modal mati. 
3. administrasi

meja admin
computer / laptop set + printer + software toko
kertas printer rangkap 3
kertas label
pulpen
penggaris
cap
steples
bindex
buku induk
buku khas
paktur
kwitansi
mading

komputer. printer. penggaris. nota. faktur.cap, bon dll. seperti di dekorasi perencanaan dan anggaran belanja yang tepat akan meminimalisir pembengkakan dana di sektor ini. karna sektor ini adalah termasuk modal mati.

4. teknisi
alat service, meja service, komputer, mading, sparepart service ( termasuk ke dalam anggaran belanja bulanan ). dan seperti di dekorasi perencanaan dan anggaran belanja yang tepat akan meminimalisir pembengkakan dana di sektor ini. karna sektor ini adalah termasuk modal mati.

5. marketing & management customer

brosur ( salles )
internet marketing
speak to speak
profosal

banyak yang tidak mengerti tentang pentingnya prmasaran baik dalam jangka pendek / jangka panjang termasuk juga update produk & marketing strategi. ingat ( tempat yang strategis, seiring berjalannya waktu bisa berubah menjadi tempat yang tidak strategis ) seiring perubahan & pembangunan tata kota dan pertambahan penduduk, management customer yang tidak termanage dengan baik banyak toko yang di tinggalkan customernya ( mengenal karakter customer adalah penting ).

6. strategi 
management owner patner & old, termasuk juga mencangkup pengembangan usaha baik agenda rencana cabang baru, penambahan kariawan offline / online, investasi, tabungan jangka pendek dan panjang, biaya tak terduga & lain sebagainya.

Apakah dari kesemua sektor itu di perlukan ilmu untuk menjalaninya. Tentu saja....
Akan tetapi jika dari kesemua sektor itu masing – masing di jalankan oleh tenaga ahli / kariawan dengan tugas dan sistem kerja masing - masing. whay not...? ( kita tidak bisa berjalan sendirian  apalagi untuk jangka panjang dan pengembangan ).


whay...? Jadi kesimpulannya :
apakah anda masih ingin terus bekerja pada perusahaan orang lain.? Apakah masih takut untuk membuka usaha.?belum punya modal.?.Belum punya pengalaman.?

Di sekitar saya banyak pak orang – orang yang di luar petantang –petenteng padahal apa yang dia miliki minus usaha dia aset dia lebih sedikit dari hutangnya,jadi walaupun anda hanya memiliki niat anda sudah memiliki modal yang besar tinggal rencanakan kemudian bergerak.

Banyak pak, orang yang memiliki modal tapi mereka bingung modal itu untuk apa dan buat usaha apa karna beberapa kali beliau bercerita sering di tipu. mungkiin sekarang saatnya anda membangun usaha lagi.

Banyak juga pak orang yang memiliki ilmu & keahlian bahkan izasah tinggi tapi masih bingung mau usaha apa dan harus mulai dari mana. kita hanya perlu mulai dari niat dan perencanaan kemudian bergeraklah & biarkan tuhan yang menuntun jalan kita.

Banyak juga pak orang yang mengeluh karna tidak adanya modal. akhirnya memiliki mimpi dan keinginanpun ia tak punya. so bermimpilah, berencanalah, dan bereraklah.

Banyak orang yang takut sebelum bertindak karna kebanyakan mikir dan fikiriannya selalu kepada kegagalan. ketahuilah kawan ketakutan tidak se ngeri yang kita bayangkan. jika kita terjatuh dan terperosok masuk kedalam lumpur, segeralah bangkit dan bangkit lagi. sering gagal dan lebih seringlah bangkit lagi. tapi jangan sok, jangan songong ( pantang menyerah, tambah modal lagi tambah lagi dan tambah lagi, coba lagi dan coba lagiii ).. ehhh jangannnnnn cobalah berhenti dulu ente belum ngerasain punya utang ratusan juta dan di kejar - kejar orang sih...?... jika gagal berhenti dulu untuk introfeksi, berbenah dan berencana, lalu bergeraklah kembali.

teruslah bekerja & teruslah berusaha sampai kepada anda yang meninggalkan usaha tersebut atau anda yang akan di tinggalkan oleh usaha tersebut. dengan kebangkrutan / bencana / kematian. karna pada dasarnya usaha itupun hanyalah sebuah titipan ,bisnis yang baik adalah berkah dan keberkahan itu di tinjau dari sejauh mana bisnis tersebut bermanfaat untuk orang banyak.

lalu kemana sekarang yang selalu anda ucapkan dulu saya pernah punya ini dan itu lalu sekarang kemana...? dan jadi apa ketika anda terbaring dalam lubang galian kuburan nanti...? soo jadikan usaha anda sebagai jalan ladang amal juga untuk anda. terimakasih

niat yang baik tidak selalu berbuah kebaikan. kalau tidak menjadi buah pastinya akan menjadi akar yang kuat untuk menahan angin dan goncangan yang dahsyat. jangan gadaikan keikhlasan saudara dengan harapan imbalan materi atau harapkan balasan dari orang.

rencanakan bisnis anda dengan baik dan berkonsultasilah kepada yang sudah berpengalaman untuk mencegah akibat dari sebab yang di timbulkan atau dari sebab - sebab yang kita sendiri tidak mengetahuinya nanti.


bersambung.



mohon maaf untuk kesalahan dan segala kekurangan
untuk pertanyaan dan lain - lain :
082126345691 kang solihin laptop




0 Response to "CARA MENJADI PENGUSAHA & CARA MEMBUKA USAHA KOMPUTER"